Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita
antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami.tetapi jika orang yang diajak bicara tidak
mengerti maka tidak disebut komunikasi
Data adalah keterangan atau bahan nyata yang dapat
dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan).
Informasi adalah data yang diolah agar lebih berguna dan berarti
bagi penerima, yang menggambarkan suatu kejadian bersifat fakta yang digunakan
untuk mengambil kesimpulan.
Fungsi komunikasi adalah :
Sebagai
informasi
Komunikasi membantu proses penyampaian
informasi yang diperlukan seseorang untuk mendapatkan pengetahuan keputusan
dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif
Sebagai
kendali
Komunikasi bertindak untuk mengendalikan
perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan
kewajiban yang harus dipatuhi oleh seseorang.
Sebagai
motivasi
Komunikasi membant
menjelaskan para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja
baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah
standar
Pengungkap
emosional
Bagi sebagian
komunitas, mereka memerlukan interaksi social, komunikasi yang terjadi di dalam
komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa
puas. Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan
dan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosial
Komunikasi data
seperti halnya orang yang saling berkomunikasi, yang melibatkan komponen :
pesan, pengirim, media dan penerima.
Perbedaan antara
komunikasi antara orang dan komunikasi data adalah adanya komponen tambahan,
yang dinamakan dengan protocol.
Protokol adalah
sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya komunikasi,
dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat
diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi
dari keduanya.
PENGERTIAN
KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING)
Komunikasi
dalam jaringan adalah cara
berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau
melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu biasa desebut
komunikasi dunia maya atau cyberspace.
Komunikasi dalam
jaringan pertama dimulai tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang
mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada computer) dengan
nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang
didalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama
ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini berkembang menjadi
nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan
komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an
ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan
tahun 1990 dengan munculnya word wide web.
JENIS
KOMUNIKASI JARINGAN
Komunikasi
dalam jaringan sinkron
Komunikasi dalam
jaringan secara real time menggunakan komputer sebagai media, disebut
dengan komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron. Contoh komunikasi sinkron
misalkan aplikasi chat (yahoo messenger, google talk, MIRc dll), video chat
(skype, line, facetime, google+ hangout, dll).
Komunikasi
dalam jaringan asinkron
Komunikasi dalam
jaringan secara tunda menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan
komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron
misalnya aplikasi e-mail, video streaming, dll).
Komunikasi online
lebih mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan konunikasi
melalui jaringan komputer secara sinkron.
TUJUAN
KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
1.
Memungkinkan
pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa
kesalahan.
2.
memungkinkan
pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh.
3.
Penggunaan
komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam
hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
4.
Memudahkan
pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.
KOMPONEN
PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
Hardware/perangkat
keras
Perangkat yang
bentuknya dapat dilihat atau diraba oelh maunusia. contoh : komputer, headset,
microphone, dan perangkat pendukung koneksi internet
Software
Program komputer
yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software
digunakan sebagai perantara antara perangkat keras (hardware) dengan pengguna (brainware).
Brainware
Brainware adalah pengguna software ataupun
hardware untuk berkomunikasi dalam jaringan.
0 komentar:
Posting Komentar